Ringkasan Khotbah
Ringkasan Khotbah - 27 Jun'10 PDF Print E-mail


Yoh. 13: 34-35

Pdt. Andi Halim, S.Th.

Sebetulnya perintah mengasihi ini sudah ada sebelumnya tetapi perintah ini ditekankan kembali, diberikan dalam bentuk yang baru: seperti Tuhan Yesus mengasihi para murid-Nya demikian pula mereka harus saling mengasihi. Memang Tuhan Yesus sendiri tidak pernah mengajar sesuatu yang baru di luar PL. Semua ajaran-Nya bersumber dari Taurat, dari Firman. Bicara soal kasih juga bukan hal yang asing bahkan bagi orang yang bukan Kristen. Menurut saya terlalu arogan jikalau kita mengatakan bahwa di luar kekristenan tidak ada kasih. Apakah suami istri dan keluarga yang bukan Kristen tidak saling mengasihi? Bahkan mereka yang tidak punya agama pun juga saling mengasihi, misalnya kasih di antara saudara kandung dan sepasang kekasih. Bahkan binatang pun juga memiliki kasih. Misalnya induk singa yang ganas dan dapat mengoyak-ngoyak mangsanya ternyata begitu mengasihi anak-anaknya.

Akan tetapi apa yang menjadi ciri dari kasih menurut iman Kristen? Kasih yang bagaimana? Jikalau kasih Kristen dengan yang bukan Kristen sama saja buat apa kita menjadi Kristen? Biar hal ini menjadi pertanyaan yang kita pikirkan. Rasul Paulus mengajarkan bahwa kasih itu bukan sekedar boleh ada ataupun tidak. Di dalam 1Kor.13 rasul Paulus begitu memutlakkan kasih. Sepandai dan sehebat apapun kita jikalau kita tidak memiliki kasih kita sama sekali tidak ada gunanya. Jikalau apa yang kita lakukan hanya sekedar suatu kewajiban, bahkan jika ada orang yang mengorbankan hidupnya untuk dibakar sekalipun tetapi jika tidak memiliki kasih sama sekali tidak ada gunanya. Tanpa kasih sehebat apapun prestasi dan kerja keras kita semua itu percuma dan nol.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 20 Jun'10 PDF Print E-mail

 

Amos 8:11-14

Ev. Agus Marjanto, M.Div.

Kenapa ketika kita membaca Alkitab Perjanjian Lama pada perikop ini kita bisa mengaplikasikan dalam hidup kita? Karena Alkitab adalah kitab yang diberikan pada suatu bangsa dan prinsip yang diberikan di sini sama untuk sepanjang jaman. Firman bagi satu jaman sama untuk sepanjang jaman, untuk Israel utara, untuk Amos maupun untuk kita semua anak-anak-Nya sepanjang masa. Mengapa kita bisa mendapat prinsip dari peristiwa ribuan tahun yang lampau? Konteks Amos berbeda dengan konteks hidup kita. Kita tidak lagi bertemu dengan Amos dan Yerobeam II. Tapi cara kerja Allah untuk mendisiplinkan umat-Nya tetap sama sepanjang masa. Prinsip cara kerja Allah berinteraksi dengan umatNya tetap sama. Kita mengambil prinsip theologis dan mengambil aplikasinya pada zaman kita sekarang.

Ini adalah suatu masa pelayanan Amos dan Firman ini adalah Firman yang keras, penghakiman kepada Israel utara. Bagian ini diucapkan 40 tahun sebelum Israel utara dihancurkan oleh Asyur. Firman penghakiman yang sangat menakutkan. 4 prinsip yang sangat penting waktu Tuhan menghakimi:

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 13 Jun'10 PDF Print E-mail

 

Gal.6:1-5

Ev. Bakti Anugrah, M.A.

Kitab Galatia dituliskan oleh Rasul Paulus kepada jemaat-jemaat di Galatia dengan tujuan agar mereka dapat berpegang pada Injil Kristus dan bukan pada hukum yang menyebabkan mereka menjadi orang-orang yang legalis. Pada waktu itu ada orang-orang Kristen Yahudi yang merasa perlu menambahkan syarat sunat kepada orang-orang dari bangsa kafir yang kemudian menjadi orang Kristen di antara jemaat Galatia. Mereka mengajarkan bahwa Injil saja tidaklah cukup, harus ditambahkan dengan sunat. Namun sejak pasal pertama Rasul Paulus telah menyatakan bahwa sekalipun ada malaikat Tuhan atau rasul lain yang mengajarkan sesuatu yang lain daripada Injil yang telah Paulus beritakan, maka terkutuklah dia. Setelah itu Paulus membicarakan sampai bagian yang terakhir bahwa kita bukan hidup menurut hukum-hukum Taurat yang mematikan, hukum-hukum dalam Perjanjian Lama yang telah digenapkan dalam Kristus, tetapi pilihan kita adalah hidup menurut daging atau hidup menurut Roh. Bagi seorang yang sudah percaya, ia seharusnya hidup menurut Roh dan bukan hidup menurut daging. Ia tidak mengikuti hawa nafsunya.

Paulus dalam Gal. 5:22-23 mengatakan tentang buah Roh, buah Roh yang disebutkan Paulus ini mungkin terdapat orang yang berpikir bahwa semua ini hanya berhubungan dengan yang rohani, yang tidak kelihatan. Namun, Paulus dalam pasal keenam, langsung memperlihatkan bagaimana orang yang hidup sesuai Roh. Orang yang hidup di dalam Roh bukanlah orang yang hidup dengan menekankan pada hal yang bersifat psikologis atau rohani yang di atas sana, tetapi langsung pada kehidupan sehari-hari, yaitu masalah relasi dari ayat 1-5 dan penggunaan uang pada ayat 6-10. Kita hanya membahas ayat 1-5.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 06 Jun'10 PDF Print E-mail

 

Yoh.1: 29; Kis. 2:37-40

Pdt. Ir. Andi Halim, S.Th.

Ada beberapa macam pertobatan; yang pertama adalah pertobatan yang bersifat umum. Biasanya pengertiannya adalah masalah perbuatan yang dulu buruk dan rusak lalu sekarang jadi baik. Dulu berjinah, merampok dan lain-lain sekarang tidak. Ini hubungannya dengan pertobatan moral secara umum. Semua agama dan aliran humanisme juga mengajarkan hal semacam ini.

Bagaimana kita sebagai orang Kristen? Alkitab mengajarkan gambaran-gambaran dan juga sindiran-sindiran. Orang yang nampaknya saleh belum tentu mengalami pertobatan yang benar. Meskipun perbuatannya baik tapi belum tentu sesuai standar Tuhan. Pertobatan moral dalam perbuatan belum tentu pertobatan yang sejati. Kekristenan mengajarkan bahwa pertobatan bukan sekedar masalah moral dan perbuatan baik. Contoh orang bermoral tinggi yang perbuatannya baik adalah orang Farisi dan ahli Taurat. Tuhan Yesus memberikan cerita tentang pemungut cukai dan orang Farisi yang beribadah ke bait Allah (Luk. 18:10-14). Si pemungut cukai berdiri jauh-jauh dan tidak berani menengadah sedangkan si Farisi berdiri dengan megah dan membanggakan segala perbuatannya. Ternyata orang yang bertobat sejati bukan orang yang saleh yang memamerkan kebaikan-kebaikannya tetapi pemungut cukai yang menyadari dan mengakui dosa-dosanya. Maka pertobatan sejati tidak identik dengan masalah moral yang nampak dan kelihatan.

Read more...
 
<< Start < Prev 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 Next > End >>

Page 44 of 58
RocketTheme Joomla Templates