Ringkasan Khotbah
Ringkasan Khotbah - 02 Jan'11 PDF Print E-mail

Tujuan Hidup yang Diubahkan

Filipi 3:7-11

Pdt. Andi Halim, S.Th.

Ini adalah bagian dari sharing rasul Paulus tentang kehidupan dan pandangannya tentang masa lalu dan masa sekarang.

Setiap manusia yang lahir tidak memiliki tujuan hidup. Seorang bayi yang baru lahir tidak tahu tujuan hidupnya. Kita juga tidak pernah minta untuk dilahirkan di keluarga ini dan bukan di keluarga itu. Saya dulu pun tidak tahu sekolah untuk apa. Kemudian lingkungan mempengaruhi saya sampai akhirnya saya mempunyai tujuan hidup. Dari kecil saya melihat orang tua yang sulit dan tidak mampu. Kemudian saya berpikir kelak saya harus bisa bekerja dan punya uang. Tujuan hidup saya dulu supaya kaya raya. Ini yang saya jalani.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 19 Des'10 PDF Print E-mail

 

Dasar Kebersatuan Umat Kristen

Lukas 1:26-38

Ev. Joseph Yisrael, M.Div

Bicara soal kebersatuan, bukan hanya umat Kristen yang bisa bersatu. Bangsa Indonesia pun bersatu. Ada semboyan Bhineka Tunggal Ika, beraneka ragam tetapi satu kesatuan. Kebersatuan juga ada di dalam agama-agama lain. Bagaimana mengusahakan kesatuan untuk lebih dekat satu dengan yang lain? Misalnya dengan diadakan aktivitas-aktivitas untuk dikerjakan bersama seperti arisan, pertandingan, dll. Tetapi ini adalah kebersatuan menurut konsep-konsep dunia.

Bagaimana kebersatuan dalam kekristenan? Ada seorang jemaat Kristen mengatakan, “Saya jauh lebih akrab waktu bertemu teman-teman saya yang tidak Kristen dibandingkan waktu bertemu teman-teman di gereja.” Mengapa hal ini bisa terjadi? Apakah karena orang gereja terlalu formal waktu didekati sementara orang di luar gereja lebih bersikap apa adanya dan terbuka? Ini jadi pemikiran kita. bagaimana seharusnya orang Kristen bersatu. Akan sangat parah jika kebersatuan orang Kristen lebih buruk dibandingkan orang non-Kristen.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 12 Des'10 PDF Print E-mail

 

Berperang Menghadapi Iblis

Efesus 6:10-20

Pdt. Andi Halim, S.Th.

Banyak orang yang belum mengerti bagaimana hidup bergereja yang benar, gereja dianggap seperti restoran, bioskop lalu menilai pembicara memuaskan atau tidak, cocok atau tidak dan sebagainya. Namun yang jelas gereja adalah tempat di mana anak-anak Tuhan dibina, digembleng, dilengkapi untuk menjadi prajurit-prajurit Kristus. Kalau sekedar memuaskan telinga apakah setelah itu kita menerapkan Firman yang didengar dari pembicara yang menyenangkan dalam hidup gereja dan hidup sehari-hari?

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 05 Des'10 PDF Print E-mail

 

Fondasi, Hakekat dan Panggilan Gereja

Efesus 4:11-16

Pdt. Andi Halim, S.Th.

Gereja harus mempunyai fondasi yang teguh. Tuhan Yesus mendirikan gereja-Nya berdasarkan pada fondasi.

Fondasi pertama dapat kita lihat dalam Matius 16:16-18 “Di atas batu karang ini, Aku akan mendirikan jemaat-Ku.” Berarti jemaat Tuhan dibangun di atas landasan atau fondasi. Fondasi ini bukan Petrus (seperti yang dipercaya oleh pandangan Katolik) karena Petrus sudah mati dan tidak ada lagi. Petrus / Kefas dalam bahasa aslinya bersifat neuter (jadi bukan pribadi). Karena itu fondasi yang dimaksud di sini adalah pengakuan Petrus bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah yang hidup. Gereja Tuhan berdiri di atas satu doktrin yang teguh yang mengaku bahwa Yesus adalah Mesias. Dengan demikian gereja yang benar harus gereja yang berdiri di atas pengakuan, pengajaran yang benar.

Read more...
 
<< Start < Prev 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 Next > End >>

Page 42 of 62
RocketTheme Joomla Templates