Ringkasan Khotbah
Ringkasan Khotbah - 04 November 2012 PDF Print E-mail

Depresi Rohani

Mzm. 43:1–5

Pdt. Andi Halim, M.Th.

Martin Lloyd Jones adalah seorang hamba Tuhan yang mendirikan London Theological Seminary di London. Ia merupakan seorang yang sangat Reformed. Salah satu buku karangannya adalah “Buluh yang Terkulai: Penyebab dan Terapi Depresi Rohani.” Buku inilah yang akan kita bahas hari ini.

Beberapa orang mengatakan bahwa gereja Reformed hanya membahas hal-hal doktrinal dan kurang membahas hal-hal praktis. Pandangan seperti ini keliru karena spirit reformed adalah pembaharuan terus-menerus. Jika diperbarui terus-menerus berarti ada kehidupan, ada pergerakan dan tidak berhenti hanya pada pengetahuan saja tetapi juga menjadi sesuatu yang ada perubahan.

Banyak orang senang hal yang praktis karena langsung bisa dipraktekkan. Praktis itu bagus tetapi ada bahaya yaitu meninggalkan hal yang prinsip. Meninggalkan hal yang prinsip dan menekankan pada hal yang praktis disebut pragmatis. Manusia zaman sekarang bersifat pragmatis. Pragmatisme menjadi negatif karena meninggalkan hal-hal prinsip.Misalnya saja pembelaan terhadap kaum homoseks. Beberapa negara sudah melegalkan pernikahan homoseks di gereja. Bahkan ada pendeta yang dituntut karena menolak memberkati pernikahan homoseksual.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 28 Oktober 2012 PDF Print E-mail

Semangat Reformasi

Roma 2:28–29

Pdt. Andi Halim, M.Th.

Hari Reformasi tanggal 31 Oktober 1517 merupakan hari yang sangat penting bagi gerakan gereja Protestan khususnya gereja Reformed. Hari Reformasi merupakan titik dimulainya gerakan kembali kepada Alkitab. Saat itu gereja sudah menyeleweng dan tidak ada yang berani mengritiknya. Zaman tersebut boleh dikatakan zaman kegelapan karena kekristenan tidak lagi mencerminkan kekristenan yang sesungguhnya. Orang-orang yang ingin mencari kebenaran banyak yang dibunuh. Gereja sangat berkuasa sehingga semua yang menentang gereja akan dihancurkan.

Semua orang takut dan taat kepada gereja. Tidak ada yang berani menentang gereja. Hal ini terjadi pada abad 16. Tetapi Tuhan dalam kuasa-Nya tidak membiarkan gereja terus disesatkan. Tuhan memakai umat-Nya, Martin Luther, untuk membenarkan gereja. Martin Luther membuat 95 dalil yang menentang gereja pada zaman itu dengan resiko yang tidak kecil. Martin Luther adalah seorang pemimpin gereja dan ia sudah tidak sabar melihat penyelewengan yang dilakukan gereja. Puncak penyelewengan tersebut adalah penjualan surat penghapusan dosa.

Kisah Reformasi yang dilakukan Martin Luther merupakan bagian dari sejarah. Kita harus menghargai sejarah karena sejarah adalah pimpinan Tuhan. Orang yang mengabaikan sejarah adalah orang yang mengabaikan pimpinan Tuhan. Sejarah merupakan harta karun yang begitu berharga.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 21 Oktober 2012 PDF Print E-mail

Kegagalan Respon Saul

1 Sam.15:1–3, 9–11, 26

Ev. Calvin Renata

Pada waktu bangsa Israel keluar dari Mesir dan melewati masa dipimpin oleh hakim-hakim, mereka mulai mengalami ketidakpuasan karena bangsa-bangsa di sekitar mereka memiliki seorang raja sedangkan mereka tidak. Mereka protes dan meminta Samuel untuk menyampaikan kepada Tuhan bahwa mereka meminta seorang raja. Bangsa Israel tidak mengerti apa yang mereka minta. Pada saat mereka meminta seorang raja sebenarnya mereka sedang menolak Tuhan. 


Seringkali dalam hidup kita, kita tidak mengerti apa yang kita minta. Bahkan murid Tuhan Yesus, Yohanes dan Yakobus, pun meminta hal yang salah (permintaan untuk bisa duduk di sebelah kanan dan kiri Tuhan ketika berada di surga). Demikian halnya dengan bangsa Israel. Mereka meminta raja untuk menggantikan kepemimpinan Tuhan di tengah-tengah mereka.

Plato mengatakan bahwa demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang paling buruk. Demokrasi berarti dipimpin oleh rakyat. Bentuk pemerintahan ini merupakan bentuk yang paling rendah karena memiliki kemungkinan untuk anarki. Tetapi semua bentuk pemerintahan yang dibuat oleh manusia, baik itu demokrasi, monarki dan aristokrasi, semuanya mempunyai kelemahan masing-masing. Demokrasi bisa menjadi anarki, Monarki bisa menjadi diktator, dan aristokrasi bisa menjadi oligarki. Alkitab memberikan bentuk pemerintahan yang paling dibutuhkan oleh manusia yaitu Theokrasi, Tuhan sebagai pemimpin umat-Nya.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 14 Oktober 2012 PDF Print E-mail

Gambaran Kasih & Murka Allah dalam Kitab Hosea

Hos. 1:1–12

Ev. Bakti Anugrah

Bagian ini menceritakan tentang Nabi Hosea yang diperintahkan Tuhan untuk menikah dengan Gomer, seorang perempuan sundal. Umumnya orang Kristen akan berpikir bagaimana bila kita diperintahkan Tuhan untuk menikah dengan orang tidak benar? Tetapi Hosea di sini bukan menggambarkan kita sebagai orang-orang Kristen dan Gomer bukan menggambarkan orang-orang yang tidak benar. Sebenarnya Hosea menggambarkan Tuhan sedangkan Gomer menggambarkan kita, umat-Nya, yang tidak setia.

Hubungan antara Allah bangsa Israel dengan umat-Nya adalah hubungan perjanjian. Karena itulah Alkitab kita dibagi menjadi dua bagian, yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Perjanjian merupakan ikatan yang sifatnya berdaulat antara Allah dengan umat-Nya yang disahkan dengan darah. Saat Tuhan mengikat perjanjian dengan Abraham, Tuhan memotong binatang menjadi dua potongan dan Ia berjalan di tengah-tengah binatang tersebut. Hal ini unik karena seharusnya kedua pihak yang mengadakan perjanjian itulah yang melewati binatang yang terpotong tersebut. Jadi jika salah satu pihak melanggar perjanjian, ia akan terkena hukuman. Tetapi ternyata hanya Tuhan yang berjalan melewati tanda perjanjian yang penting ini. Tuhan tahu Abraham akan melanggar perjanjian tersebut, oleh karena itu Tuhan sajalah yang melewati potongan binatang tersebut dan akan setia pada perjanjian-Nya. Perjanjian ini bersifat kekal.

Demi perjanjian kekal inilah Tuhan rela mengorbankan diri-Nya. Umat Israel adalah umat yang Tuhan ambil sendiri. Gambaran umat Tuhan adalah seperti perempuan yang dinikahi tetapi tidak setia dan berzinah dengan allah lain. Bahkan dalam penyembahan umat Israel kepada allah orang Kanaan mereka melakukan perzinahan secara terang-terangan.

Read more...
 
<< Start < Prev 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 Next > End >>

Page 22 of 63
RocketTheme Joomla Templates