Ringkasan Khotbah
Ringkasan Khotbah - 09 Juni 2013 PDF Print E-mail

Komitmen di Tengah Depresi

Ibr. 12:1-11

Pdt. Andi Halim, M.Th

Pada zaman sekarang ini makin langka orang yang mempunyai komitmen. Tidak banyak orang yang mampu berkomitmen terhadap pekerjaan di tempat yang sama selama puluhan tahun. Bahkan mungkin diri kita sendiri juga tidak mempunyai komitmen seperti itu.

Komitmen adalah mengikatkan diri kepada suatu janji yang telah dinyatakan. Tetapi di zaman ini banyak pasangan telah melupakan komitmen / janji yang telah dibuat saat pernikahan mereka. Bahkan mereka tidak mau memperbaiki pernikahan mereka dan memilih bercerai.

Kurangnya komitmen tidak hanya terjadi dalam bidang pekerjaan dan perkawinan saja tetapi juga dalam hal pelayanan. Orang yang berkomitmen dalam pelayanan sangat jarang. Banyak orang yang awalnya giat dalam bergereja tiba-tiba menghilang dan tidak melayani lagi. Penyebabnya bisa dalam banyak hal misalnya, tidak cocok dengan gembala sidang, tidak menyukai ajarannya, dll. Bahkan banyak orang yang mengenal reformed pindah ke gereja non-reformed. Hal ini dikarenakan mereka hanya mengenal ajaran reformed secara intelektual saja atau hanya di permukaan saja.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 26 Mei 2013 PDF Print E-mail

Dipelihara dalam Iman

1 Ptr. 1:4-5

Ev. Calvin Renata

Pada ayat ke-4 dari pasal pertama ini Petrus memberikan penghiburan kepada jemaat-Nya bukan dengan janji yang kosong tetapi dengan memberi konsep warisan. Karena warisan ini sulit dijabarkan maka Petrus menjabarkannya dengan menggunakan bentuk negatif yaitu tidak dapat binasa, tidak dapat cemar, dan tidak dapat layu. Warisan ini tidak ada di dunia melainkan di surga. Meski demikian sebagian dari warisan ini sudah kita rasakan di dunia sekarang ini. Tidak ada warisan yang diberikan dunia dapat menandingi warisan yang Tuhan berikan. Baik harta, kebudayaan, pemikiran atau ideologi, semua tidak dapat memenuhi penjabaran Petrus. Semuanya itu bisa binasa, cemar atau layu.

Pada ayat ke-5 Petrus menjelaskan penerima warisan tersebut, “Yaitu kamu, yang dipelihara dalam …”. Petrus memakai kata ganti orang ketiga jamak “yaitu kamu”. Kata ini mempunyai limitasi / pembatasan. Warisan ini tidak diberikan kepada semua orang. Siapakah kamu yang dimaksud oleh Petrus di sini? Dalam kitab 1 Petrus ini kata kamu muncul beberapa kali, misalnya di 1 Ptr. 2:9 dan 1 Ptr. 1:9. Kata kamu yang dipakai oleh Petrus ini menunjukkan eksklusifitas / limitasi dari konsep warisan Petrus. Penerima warisan adalah khusus bagi penerima surat ini. Warisan diberikan oleh Tuhan kepada umat tebusan /pilihan-Nya, bangsa yang dilahirbarukan dan yang terpilih.

Apa sebenarnya kriteria Tuhan dalam memberi warisan kepada kita, umat pilihan-Nya? Setiap orang mempunyai kriteria dalam membuat sebuah keputusan. Lalu apa kriteria yang ditentukan oleh Allah sehingga ia mau memberikan warisan kepada umat-Nya yang tidak layak? Kriteria Tuhan tidak akan bisa kita ketahui, manusia tidak mampu untuk mengerti kriteria tersebut. Calvin menjelaskan hal ini dalam poin ke-2 dari TULIP yaitu Unconditional Election. Meskipun kita tidak bisa mengerti kriteria yang Allah tetapkan tetapi kita bisa menjelaskan sedikit mengenai kriteria Allah. Seperti penjelasan mengenai hakekat warisan yang diberikan dalam bentuk negatif, begitu pula penjelasan kriteria mengenai penerima warisan Tuhan dijelaskan dalam bentuk negatif.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 19 Mei 2013 PDF Print E-mail

Pentakosta

Kis.2:1-13

Ev. Bakti Anugrah, M.A.

Hari ini adalah hari Pentakosta. Pasal 2 dari Kisah Para rasul memberikan 3 kunci penting yaitu: kepenuhan Roh Kudus; karya penginjilan dalam gereja; dan komunitas atau gereja di antara orang percaya. Ketiga hal inilah yang terjadi pada hari Pentakosta. Tuhan Yesus berjanji akan memberikan Roh Kudus dan itu terjadi pada perayaan orang Yahudi yang penting ini, Pentakosta, hari ke-50 yang dihitung setelah Paskah, kebangkitan Tuhan Yesus. Pentaskosta merupakan 1 dari 3 hari raya besar yang dirayakan oleh orang Yahudi Kel.23:14-17.

Pentakosta diselenggarakan pada akhir panen jelai dan panen gandum baru mau mulai. Lalu orang Israel membawa buah pertama dari panen gandum dipersembahkan kepada Tuhan dan itu merupakan jaminan bahwa ada panen susulan. Inilah yang dipakai menjadi peristiwa pemberitaan Injil di seluruh dunia. Demikian juga peristiwa turunnya Roh Kudus yang menghasilkan buah sulung pertobatan 3000 orang memastikan bahwa akan ada “panen” jiwa-jiwa yang menyusul dalam pemberitaan Injil ke seluruh dunia. Sekarang di seluruh dunia kurang lebih ada sekitar 1 milyar orang Kristen!

Kita tidak tahu berapa murid Tuhan yang berkumpul pada hari Pentakosta itu, tafsiran yang umum dipakai sampai sekarang dari John Chrysostom, adalah sekitar 120 orang. Dalam Kis.1:8 Tuhan Yesus menjanjikan kuasa untuk menjadi saksi Tuhan dari Roh Kudus saat Ia turun. Maka ini menjadi suatu prinsip bahwa sebelum kita melayani Tuhan, sebesar atau sekecil apapun pelayanan itu, kita perlu minta kuasa dari Tuhan. Maka adalah kebiasaan yang baik jikalau sebelum mulai ibadah para penatalayan berdoa terlebih dahulu. Bahkan kita seharusnya mempersiapkan hati kita seumur hidup untuk melayani Tuhan dalam waktu yang tidak diduga-duga. Kita perlu membiarkan diri kita dikuasai dan dipenuhi Roh Kudus. Pentakosta menjadi hari para murid diberi kuasa untuk menjadi saksi Tuhan dalam memberitakan Injil. Apakah selama sekian lama kita menjadi orang Kristen kita pernah memberitakan Injil? Jikalau belum mungkin masalahnya adalah kita belum pernah berdoa meminta kuasa itu.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 12 Mei 2013 PDF Print E-mail

Iman adalah Dasar dan Bukti dari Segala Sesuatu

Ibr. 11:13-16, 32-40

Pdt. Andi Halim, M. Th.

Dalam agama Kristen ada sebagian orang yang mengajarkan bahwa kita memerlukan bukti agar iman kita makin teguh. Banyak orang membutuhkan penglihatan atau pengalaman sebagai bukti imannya. Iman sejati bukan seperti yang diajarkan oleh kelompok teologia sukses yang mengatakan bahwa iman itu butuh bukti-bukti. Teologia sukses mengidentikkan iman dengan keyakinan, sugesti diri, positive thinking, atau kepastian bahwa apa yang kita mau bisa kita dapatkan. Alkitab mengatakan bahwa hal-hal tersebut salah. Meski demikian, iman Kristen bukan sama sekali tanpa bukti. Tuhan memberikan bukti bagi iman orang-orang pilihan-Nya. Apakah bukti tersebut?
1. Janji Allah itu sendiri (Rm.17).
2. Iman itu sendiri (Ibr.11:1).
3. Bukti yang sudah Tuhan nyatakan dalam sejarah (Yoh.3:16).

Dalam Roma 17 dijelaskan secara gamblang dari mana iman itu berasal yaitu dari pendengaran akan firman Kristus. Jika iman timbul dari pendengaran akan firman Tuhan berarti orang Kristen perlu mengerti dan belajar firman Tuhan. Iman seharusnya berarti percaya kepada firman dan janji-Nya. Sekarang, bagaimana pengertian kita akan janji Tuhan? Jika pengertian kita akan firman dan janji Tuhan keliru maka iman kita juga akan keliru. Karena itu diperlukan pembelajaran akan firman yang benar.

Dalam Ibrani 11:13 tercatat banyak orang beriman tidak memperoleh apa yang dijanjikan. Namun dalam ayat 39 dikatakan bahwa meskipun mereka tidak memperoleh apa yang dijanjikan mereka tetap beriman. Teologi Reformed tidak setuju dengan ajaran bahwa iman memerlukan bukti, meskipun bukan berarti iman tidak ada bukti sama sekali. Umumnya bukti yang diinginkan manusia adalah bukti yang konkrit dan dapat dialami. Namun iman adalah percaya kepada bukti yang diberikan Allah yaitu janji Allah sendiri. Janji manusia bisa saja tidak ditepati tetapi tidak demikian dengan janji Allah.

Read more...
 
<< Start < Prev 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 Next > End >>

Page 14 of 62
RocketTheme Joomla Templates