Ringkasan Khotbah
Ringkasan Khotbah - 1 Mei'11 PDF Print E-mail

Jemaat yang Bertumbuh

Filipi 3:7-14

Pdt. Andi Halim, S.Th.

Bagian ini adalah satu contoh kehidupan Kristen – kehidupan sebelum dan setelah pertobatan Paulus. Inti perubahan orang Kristen dimulai dari kelahiran baru. Banyak orang menjadi Kristen tanpa melalui kelahiran baru melainkan karena berkat-berkat jasmani yang ia peroleh. Kristen seperti ini adalah Kristen KTP.

Awal kekristenan itu sangat penting. Jika seseorang mulai dengan awal yang salah dan ia melanjutkan terus hal yang salah itu maka ia akan mengembangkan hal-hal yang salah. Kelahiran baru adalah titik poin di mana seseorang – melalui pintu masuk kelahiran baru ini – akan menikmati kelimpahan berkat surgawi yang luar biasa.

Apa kelimpahan berkat surgawi itu? Seringkali orang berpikir berkat itu identik dengan kesuksesan dan kesehatan. Apa sesungguhnya berkat sebagai orang Kristen? Kalau kita belajar dari rasul Paulus, ia mengalami apa yang namanya perubahan nilai. Jika tidak ada perubahan nilai, pasti ada sesuatu yang salah. Orang yang tidak mengalami perubahan nilai, meskipun ia menjadi Kristen tetap akan memiliki motivasi yang keliru dan untuk keuntungan diri sendiri.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 17 Apr'11 PDF Print E-mail


Kesempatan Kedua

Mat. 26:30-35, 69-75; Luk.22:61,62; Mrk.16:7

Ev. Bakti Anugrah, M.A.

Kita masuk ke dalam minggu-minggu Paskah dan sengsara Tuhan kita Yesus Kristus. Dalam Perjanjian Lama Paskah adalah suatu perayaan pelepasan Bangsa Israel dari perbudakan Mesir. Waktu mereka akan dilepaskan dari Mesir, Tuhan memberikan tulah ke-10. Ia mematikan semua anak sulung dari binatang sampai manusia di seluruh Mesir, kecuali pintu orang-orang Israel yang disapukan darah anak domba. Waktu malaikat Tuhan mengambil semua nyawa anak sulung, pintu orang Israel yang ada darah anak domba dilewatkan. Dalam bahasa Ibrani disebut Pesah / Pasah (Passover) artinya dilewatkan. Berarti melalui perayaan Paskah ini ada kematian yang dilewatkan oleh Tuhan karena ada kematian lain yang menggantikan, yaitu kematian anak domba Paskah.

Dalam Perjanjian Baru Perayaan Paskah kini diganti dengan perjamuan kudus. Tuhan menetapkan roti (melambangkan tubuh Tuhan) dan cawan (melambangkan darah) yang diberikan untuk menebus dosa mereka. Maka sebagai Anak Domba Paskah, Anak Domba Allah yang menghapus dosa manusia, mereka yang telah menerima tubuh dan darah Kristus itu dilewatkan dari kematian karena mereka telah menerima karya Kristus. Dalam Perjanjian Baru Paskah berarti dilewatkan dari kematian atas hukuman dosa karena ada domba yang menggantikan.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 10 Apr'11 PDF Print E-mail

 

Pergumulan Kristus di Taman Getsemani

Luk. 22:39-46

Pdt. Ir. Andi Halim, S.Th.

Bagian ini mengandung beberapa hal yang membuat orang memiliki penafsiran berbeda-beda. Hari ini saya akan meluruskan dengan maksud melihat kekonsistenan dari karya Kristus dan menanggapi tafsiran yang tidak bertanggung jawab.

Ada penafsir yang mengatakan ketika Kristus di taman Getsemani, Ia mengalami goncangan iman. Jika demikian maka berarti Kristus meragukan misi-Nya datang ke dunia. Apakah benar Kristus mengalami goncangan iman? Penafsir yang setuju penafsiran ini mengatakan bahwa bagian ini bicara mengenai kemanusiaan Kristus. Ketakutan Yesus menunjukkan Dia adalah manusia sama seperti kita.

Tafsiran seperti ini sangat merendahkan Kristus. Karena Kristus beda dengan kita. Kristus adalah Allah yang menjadi manusia. Kalau Kristus sama seperti manusia berarti Ia bisa mengalami kelemahan-kelamahan seperti kita. Kita bisa meragukan janji Tuhan. Sedangkan Kristus adalah Allah yang tidak mungkin meragukan Allah. Kita meragukan Allah karena kita adalah manusia berdosa. Kita bisa berpikir negatif dan melawan kehendak Allah. Tetapi jika Kristus

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 03 Apr'11 PDF Print E-mail

 

Kaitan Paskah, Ibadah, dan Kebahagiaan

Kel.12:26-27

Pdt. Ir. Andi Halim, S.Th.

Siapa yang tidak mau bahagia? Semua orang di manapun mau bahagia. Demi mencapai hal ini manusia bisa berusaha melakukan apapun bahkan sampai melakukan hal-hal yang irasional, misalnya: orang berusaha mendapatkan kesembuhan melalui Ponari dan batu ajaibnya, yang hadir sampai ratusan ribu orang. Ini hanya satu kasus saja, banyak lagi kasus lainnya.

Bagaimana dengan orang Kristen? Hal itu juga dilakukan: banyak gereja yang sekarang menawarkan kebahagiaan. Maka akibat tawaran ini banyak orang yang datang. Herannya gereja yang mau ajaran yang benar malah tidak laku, sampai ada yang berkompromi agar gereja bisa laku seperti gereja-gereja yang sesat, musiknya dan kotbahnya disesuaikan dengan hal ini. Di Reformed tidak ada tawaran kebahagiaan, malah ditawari kesengsaraan.

Bagaimana kekristenan menjawab masalah ini? Kita perlu mengerti arti ibadah itu apa? Dalam Keluaran 12 bangsa Israel mengingat masa lalu lepas dari penjajahan Mesir. Korban Paskah juga mengingatkan tulah terakhir yang begitu mengerikan bagi Mesir. Akhirnya Firaun yang keras kepala menyerah, itupun dia berubah pikiran lagi dan mengejar Israel. Makna paskahnya adalah waktu malaikat maut mau mencabut nyawa anak sulung di Mesir, rumah orang Israel selamat karena tanda darah anak domba yang disapukan di ambang pintu sehingga rumah mereka dilewati. Inilah arti kata Paskah dalam bahasa asli, dilewati dari maut yang harusnya mereka terima. Maka ibadah itu adalah dalam rangka syukur orang Israel yang dibebaskan dari maut.

Read more...
 
<< Start < Prev 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 Next > End >>

Page 39 of 62
RocketTheme Joomla Templates