Ringkasan Khotbah
Ringkasan Khotbah - 17 Jul'11 PDF Print E-mail

Kebun Anggur Nabot

1 Raja-raja 21

Ev. Bakti Anugrah, M.A.

Pasal 21 ini dapat kita bagi ke dalam beberapa bagian: Ayat 1-4 menyatakan tawaran Raja Ahab yang ditolak oleh Nabot. Ayat 5-10 adalah tipu muslihat Izebel untuk memperoleh kebun anggur Nabot. Ayat 11-16 adalah pelaksanaan tipu muslihat tersebut. Ayat 17-24 adalah penghakiman Tuhan atas Ahab. Ayat 25-26 menyatakan riwayat singkat dari Ahab. Ayat 27-29 menyatakan respon Ahab atas seluruh firman Tuhan yang diberikan kepadanya.

Kisah kebun anggur Nabot ini terjadi setelah pasal 18 dan 19 dimana Elia sudah mengalahkan 500 nabi Baal. Dalam pasal 20 adalah nubuatan yang akan menimpa Ahab. Setelah itu terjadilah kasus Nabot. Jika peristiwa ini dicatat secara kronologis berarti ada masalah-masalah yang krusial yang sangat parah. Pertemuan Elia dan Ahab bukanlah pertemuan yang pertama. Elia sudah pernah memperingatkan Ahab tentang masa kekeringan selama tiga tahun kemudian Elia berdoa hujan turun, dan benar hujan pun turun. Kemudian terjadilah kasus Ahab yang merebut kebun anggur Nabot.

Kisah ini terjadi di wilayah Israel. Israel waktu itu sudah terpecah menjadi dua wilayah: Kerajaan Israel (Utara) dan Kerajaan Yehuda (Selatan). Perpecahan ini terjadi setelah masa Salomo yang memiliki istri begitu banyak. Israel utara dimulai oleh Yerobeam, Israel Selatan oleh Rehabeam. Kedua Kerajaan ini banyak berseteru. Banyak yang dicatat mengenai raja di Israel utara adalah raja-raja yang jahat, termasuk Ahab. Ahab memerintah 21 tahun lamanya dan ia melakukan hal yang begitu jahat melebihi raja-raja sebelumnya. Ahab pun mengambil Izebel, anak raja Sidon, dan pergi beribadah kepada Baal. Inilah dosa Ahab yang paling besar. Ia kawin campur dengan bangsa kafir dan beribadah kepada Baal. Kesalahan Salomo diulangi lagi oleh Ahab. Kesalahan ini ternyata punya efek besar dalam rumah tangga Ahab.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 10 Jul'11 PDF Print E-mail

 

Taurat dan Kasih Karunia Allah

Roma 7:13-26

Pdt. Andi Halim, S.Th.

Bagian ini adalah bagian yang sering ditafsir berbeda-beda. Watchman Nee, seorang penginjil di Tiongkok, menafsirkan bahwa orang yang di dalam Kristus tidak memiliki “aku” lagi. Ia mengatakan bahwa orang Kristen seringkali gagal dalam kehidupannya karena si “aku” belum mati. Kita harus menganggap si “aku” sudah mati dan Kristus yang hidup dalam “aku” sehingga kita tidak mungkin kalah. Inilah kunci kemenangan yang diajarkan oleh Watchmen Nee. Namun bagaimana si “aku” itu bisa tidak ada? Ajaran ini menjadi ajaran yang membingungkan. Mengapa si “aku” dianggap mati padahal saya masih hidup? Sampai hari ini pun pengikut Watchmen Nee masih ada dan banyak. Mereka juga tidak mengakui adanya Pendeta. Semua sama sebagai hamba Tuhan dan boleh berkotbah setiap saat. Ajaran ini bukan apa yang diajarkan Alkitab.

Tafsiran lain mengatakan bahwa bagian ini ditulis oleh Paulus pada waktu ia belum bertobat. Tafsiran ini kebanyakan dipegang oleh kelompok Armenian dan sebagian besar dari kelompok gereja Pentakosta. Karena itu pada saat Paulus sudah bertobat, ia hidup dalam kemenangan sehingga pergumulan seperti ini sudah tidak ada lagi.

Penafsir yang ketiga, yang paling sesuai dengan maksud Alkitab, mengatakan bahwa ini adalah pergumulan nyata orang yang sudah bertobat dalam Kristus. Orang yang sudah bertobat justru ada konflik dalam batinnya, antara manusia lama dan manusia baru. Inilah pergumulan yang ditulis rasul Paulus dalam Roma 7 ini.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 3 Jul'11 PDF Print E-mail

Kristus dan Langkah Iman

Roma 10:14-17

Pdt. Andi Halim, S.Th.

Apa arti iman dan bagaimana pergumulan iman Saudara dalam kehidupan ini? Saya sendiri mempunyai perjalanan iman yang unik, dari atheis sampai bertobat. Kemudian memiliki iman yang salah bahkan hampir sesat terus dipimpin Tuhan sampai kepada iman yang benar. Tahun 1978 saya baru menjadi seorang Kristen yang bergumul bagaimana menerapkan iman Kristen itu dalam kehidupan nyata. Selama ini saya hanya menjadi orang Kristen keturunan yang mengetahui iman secara teori dan bukan prakteknya. Kemudian saya diajar untuk mempraktekkan iman dalam kehidupan saya. Namun pengajar saya adalah seorang ekstrimis. Ketika sakit, saya dilarang untuk minum obat, cukup “beriman” saja pasti sembuh. Apa yang saya alami juga diajarkan oleh tokoh-tokoh Kristen seperti Yonggi Chou. Yonggi Chou mengajarkan orang Kristen untuk memvisualisasikan apa yang ingin kita minta kepada Tuhan, lalu kita doakan di dalam Nama Tuhan Yesus. Hal ini juga diajarkan oleh Norman Vincent Peale. Norman Vincent Peale mengajarkan bahwa kalau kita mau berhasil kita harus mengimani apa yang kita minta maka pasti diberikan.

Saya pun dulu sempat meniru hal-hal seperti ini tetapi apa yang saya minta tidak kunjung datang. Tetapi saya bersyukur pada Tuhan karena Tuhan mengijinkan kegagalan-kegagalan seperti itu dalam hidup saya. Jika saya tidak pernah gagal dan meminta apa saja selalu berhasil, jadi apa saya sekarang ini? Jika saya berhasil terus, mungkin mata saya menjadi “buta” dan terus merasa apa yang saya lakukan itu benar. Kita selalu berpikir kegagalan itu adalah pencobaan atau musibah, sedangkan keberhasilan itu adalah berkat. Tetapi mengapa kita tidak berpikir sebaliknya? Kalau kita mengalami berkat itu adalah pencobaan sedangkan kalau kita mengalami kegagalan itu adalah berkat. Karena saya gagal, maka menjadi berkat bagi saya untuk berpikir kembali apakah yang saya lakukan itu benar. Jika kita selalu berhasil dan lancar, pasti itu bukan dari Tuhan. Tuhan justru mengijinkan kegagalan dalam hidup ini supaya hidup kita berhasil dalam kebenaran firman-Nya.

Jika kita mau belajar iman yang benar, ada satu contoh yang paling ideal. Jika kita mempelajari iman Musa, Abraham, Daud, Maria memang bisa dijadikan contoh. Tetapi contoh yang paling ideal dalam menjalankan iman adalah Tuhan Yesus sendiri. Waktu Yesus menjadi manusia, Ia adalah teladan iman. Iman yang bagaimanakah?

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 26 Jun'11 PDF Print E-mail

Kasih Allah

1Yoh. 4:7-12

Pdt. Andi Halim, S.Th.

Kasih itu ada dua macam: dalam konteks anugerah umum dan dalam konteks anugerah khusus. Jika orang Kristen tidak bisa membedakan hal ini maka ia akan bingung dengan pertanyaan: Mengapa ada orang yang diselamatkan dan ada yang tidak diselamatkan? Dalam ajaran Reformed prinsip predestinasi sangat tegas. Tetapi ajaran ini sering dianggap ajaran yang menyimpang dan tidak sesuai dengan prinsip Alkitab. Banyak hamba-hamba Tuhan yang menolak predestinasi. Padahal predestinasi adalah ajaran Alkitab. Allah adalah Allah yang berdaulat dan menentukan segala sesuatu. Jika demikian apakah Allah pilih kasih?

Kasih Allah dalam konteks anugerah umum adalah bahwa Allah mengasihi semua orang. Allah memberikan matahari dan hujan pada orang benar maupun orang jahat. Tuhan bisa memberikan kepandaian, kesehatan, kekayaan kepada orang benar maupun orang jahat. Kasih Allah juga dinyatakan oleh ciptaan-Nya. Hal ini dapat kita lihat melalui keteraturan dan keharmonisan ciptaan-Nya. Seluruh ciptaan mengeskpresikan kasih Allah.

Contoh: tumbuh-tumbuhan bisa merasakan kasih sayang dari pemilik kebunnya. Allah itu kasih. Waktu Ia menciptakan baik tumbuhan, binatang, maupun manusia pasti ada ekspresi kasih-Nya. Karena itu ada relasi-relasi khusus secara umum. Contoh lain adalah binatang. Seekor anjing bisa sangat setia dan mengasihi tuannya. Demikian juga dapat kita lihat dari binatang buas yang begitu mengasihi anaknya. Termasuk manusia. Sejahat-jahatnya manusia, ia masih mempunyai ekspresi kasih seperti mengasihi istri dan anak-anaknya. Ini adalah konteks kasih secara umum. Orang Kristen pun tidak boleh kehilangan kasih dalam konteks anugerah umum ini kepada sesamanya.

Read more...
 
<< Start < Prev 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 Next > End >>

Page 38 of 64
RocketTheme Joomla Templates