Ringkasan Khotbah
Ringkasan Khotbah - 13 Nov'11 PDF Print E-mail

Orang Percaya Sejati

Mat.28:18-20

Ev. Him-Him.

Banyak orang Kristen yang berpikir bahwa Amanat Agung itu adalah tentang penginjilan saja. LAI memberi judul perikop: “Perintah untuk memberitakan Injil”. Ini tidak salah, tapi kurang lengkap. Amanat Agung ini tidak hanya amanat untuk penginjilan, tetapi juga instruksi untuk menjadikan orang yang diinjili menjadi orang percaya sejati. Jika ada orang percaya sejati, berarti ada orang percaya palsu. Dan Alkitab memang memberitahu kita demikian. Mat.7:21-23 adalah contohnya. Orang ini bukan hanya percaya Tuhan Yesus, dia juga pelayanan: bernubuat, mengusir setan, mengadakan mujizat dalam nama Yesus. Tetapi ternyata orang ini bukan orang percaya sejati. Jadi apa yang membedakan orang percaya sejati dengan yang palsu?

Kembali ke Amanat Agung, Tuhan Yesus memerintahkan para rasul untuk pergi memberitakan Injil kepada segala bangsa, menjadikan mereka murid Tuhan, membaptis mereka (masuk ke dalam gereja), dan mengajar mereka segala sesuatu yang diperintahkan Kristus. Dari sini, kita mengetahui bahwa menjadi Kristen itu berarti menjadi murid Kristus. Ini adalah satu tanda yang membedakan orang percaya sejati dan orang yang cuma mengaku percaya.

Orang percaya sejati pasti menjadi murid Kristus.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 06 Nov'11 PDF Print E-mail

Akulah Roti Hidup

Yoh.6:25-66

Pdt. Andi Halim, S.Th.

Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh mujizat Yesus memberi makan 5000 orang (Yoh.6:1). Dengan mujizat yang luar biasa Yesus mengesankan banyak orang. Yesus dicari-cari oleh banyak orang. Ini adalah gejala yang umum. Di mana-mana pelaku mujizat pasti banyak dicari orang. Demikian juga Tuhan Yesus.

Kemudian terjadilah percakapan antara orang-orang yang sudah mengalami mujizat tersebut dengan Yesus. Mereka bertanya Yesus datang dari mana. Ini mungkin pertanyaan basa-basi dan pertanyaan keakraban saja. Namun Yesus menjawab dengan keras, “Sesungguhnya kamu mencari Aku bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda melainkan karena kamu telah makan roti dan kamu kenyang.” Jawaban Tuhan Yesus dan pertanyaan orang banyak tidak ada hubungannya. Tentunya ada maksud lain yang ingin Yesus sampaikan. Jawaban Yesus memang seringkali lain dengan pertanyaan yang diberikan. Contohnya: Nikodemus. Nikodemus datang kepada Yesus dan mengatakan bahwa tidak ada seorangpun yang bisa melakukan mujizat-mujizat yang Ia lakukan jika Tuhan tidak menyertainya. Lalu Yesus menjawab jika kamu tidak dilahirkan kembali maka kamu tidak dapat melihat kerajaan Allah. Antara perkataan Nikodemus yang memuji Yesus dengan jawaban Yesus kelihatannya tidak ada hubungannya.

Yesus langsung menyerang masalah/ problem utama mereka yang sedang mencari-Nya. Jika seorang dikagumi oleh ribuan orang biasanya ia pasti gembira dan senang. Namun reaksi Tuhan Yesus berbeda. Tuhan Yesus mengoreksi, menegur dengan keras orang-orang yang datang mencari-Nya.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 23 Okt'11 PDF Print E-mail

Saling Mengasihi

Yoh.15: 9-17

Ev. Jadi S.Lima, M.Div, M.A. (Phil.)

Bagian ini adalah perintah yang sangat sentral dalam kehidupan orang Kristen yaitu saling mengasihi. Sebelum Yesus naik ke atas kayu salib Ia berpesan pada murid-murid-Nya. Pesan ini kemudian menjadi identitas orang Kristen, yaitu orang-orang yang saling mengasihi. Kita diperintahkan untuk menjadi kudus karena berkaitan dengan Allah kita yang Kudus. Allah mengutus Anak-Nya yang tunggal dan Roh Kudus untuk menguduskan kita. Kudus berarti kita menjadi murni, setia kepada Tuhan, sejati di hadapan Tuhan. Kudus berarti tidak mendua hati. Perintah untuk saling mengasihi dalam Injil dikaitkan dengan Sepuluh Perintah Allah. Ada seorang yang bertanya apa inti dari Torah, hukum Allah? Yesus menjawab, “Hendaklah engkau mengasihi Tuhan Allahmu, dengan segenap hatimu, dengan segenap kekuatanmu, dengan segenap tubuhmu, hatimu, jiwamu dan kasihilah orang lain seperti dirimu sendiri.” Ini adalah dua perintah yang di dalamnya tergantung seluruh perintah Allah.

Agustinus dengan radikal dan sangat berani mengatakan, “Jika engkau terus bertanya kehendak Tuhan apa, apakah ini boleh atau tidak, maka kasihilah dan lakukan yang engkau mau. Allah pasti berkenan.” Tetapi masalahnya mengasihi seperti yang Allah mau itu seperti apa? Jika kita memakai kriteria kasih seperti kriteria orang-orang zaman ini, atau kriteria kasih seperti yang Shakespeare pikir maka kasih seperti itu tidak ada norma, hanya perasaan di mana orang-orang menebak-nebak apakah ia sudah mengasihi atau belum. Hal ini dapat menjadi berbahaya. Berapa banyak orang dari negara Barat yang tadinya sangat menjaga seksualitas kemudian mengalami perubahan luar biasa sekitar tahun 1960-an? Misalnya: pada tahun 1940–50an, jika seorang anak gadis tidur dengan pacarnya merupakan hal yang sangat keterlaluan. Namun revolusi tahun 1960-an membuat itu dianggap menjadi hal yang biasa. Apa yang menyebabkan semua ini bergeser? Salah satunya adalah anggapan yang mengatakan bahwa jika ada cinta maka tidak ada yang salah. Tentu ini adalah konsep cinta yang keliru dan bukan apa yang dimaksudkan oleh Agustinus waktu ia mengatakan “kasihilah dan lakukan yang kau mau” karena Agustinus hidup jauh sebelum Shakespeare, sebelum gerakan Romantisisme. Agustinus sedang ingin mengatakan sentralitas kasih seperti yang Yesus ajarkan. Perintah untuk mengasihi Allah adalah satu tulang punggung, benang merah dari keseluruhan yang kita kerjakan. Allah ingin kita mengasihi Dia dan mengasihi satu sama lain. Seperti apa Allah menghendaki kita mengasihi Dia? Kita mengasihi Dia dengan segenap keberadaan kita, sebagai yang tunggal dan tidak ada yang lain. Lalu seberapa jauh Allah menghendaki kita saling mengasihi? Seperti kita sedang mengasihi diri kita sendiri sebab tidak ada orang yang membenci dirinya sendiri. Inilah perintah Allah pada Musa yang kemudian Yesus tegaskan pada murid-murid-Nya.

Perintah saling mengasihi berhubungan dengan perintah bagi umat Allah untuk menjaga kekudusan. Perintah untuk kita hidup kudus adalah perintah untuk menjaga kemurnian hati kita dan ini adalah parafrase untuk mengatakan perintah mengasihi Allah. Mengasihi Allah dengan segenap hati sama dengan menjaga kekudusan hati kita, menjaga hati kita hanya menjadi tempat Allah bertakhta saja.

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 18 Okt'11 PDF Print E-mail

Perlunya Gereja Reformed Injili Indonesia di Zaman ini dan Melakukan Pekerjaan Allah

Yoh.6:28-29

Pdt. DR. Stephen Tong.

Mengapa kita membutuhkan Gereja Reformed Injili Indonesia? Karena iman Kristen sudah semakin menyimpang dari kebenaran. Sampai tahun 1850 terjadi suatu gerakan yang sangat mengerikan, yaitu Higher Criticism yang mulai mengritik Alkitab, tidak percaya firman, menyangkal mujizat Tuhan, bahkan tidak percaya Yesus dilahirkan oleh anak dara Maria. Christian Ferdinand Baur membawa pengajaran liberal itu ke dalam pengajaran teologi. Disusul oleh Wellhausen, kemudian Adolf Von Harnack, William Herman, dll. Lambat laut orang-orang yang tidak percaya mempengaruhi gereja di Denmark. Terjadi pergolakan luar biasa di Swiss. Pada waktu perang dunia I, Karl Barth bangkit untuk menenangkan aksi ini. Namun sayang Karl Barth jatuh ke Historical Criticism untuk mengritik Alkitab. Dengan demikian gereja tidak sungguh-sungguh kembali pada pengajaran Ortodoks.

Kira-kira 10 tahun setelah perang dunia I berakhir, gereja di Eropa mulai merosot dan memberi pengaruh pada gereja di Amerika. Sampai abad ke-20, orang Kristen di Amerika tidak lagi bisa mendengarkan Injil yang sejati dari mimbar gereja. Orang Kristen yang asal-asalan tetap ikut dalam gereja. Namun orang yang sungguh-sungguh mau mempertahankan ajaran gereja yang ortodoks justru meninggalkan gereja saat itu. Mereka mulai mendirikan Bible Church. Tapi 20 tahun kemudian gereja-gereja seperti ini tidak dapat lagi mendapat pendeta seperti yang mereka inginkan. Kemudian mereka mulai berpikir untuk mendirikan sekolah Alkitab karena banyak gereja yang semakin menyadari kebutuhan akan hamba Tuhan ini. Namun Bible Church dan Bible College Movement secara mutu mulai merosot karena tidak mendapatkan dosen-dosen berkualitas. Sampai di pertengahan abad ke-20, orang-orang Injili mulai menemukan bahwa mereka membutuhkan Injil. Namun mereka perlu ditunjang dengan pengertian firman yang limpah. Itu sebabnya orang-orang Kristen mulai studi di seminari yang lebih tinggi. Lalu timbullah New Evangelical Movement. Saat itu gereja-gereja di Amerika terbagi menjadi dua denominasi besar. Pertama, gereja Injili yang percaya Alkitab adalah firman Allah, Kristus adalah Juruselamat, dan memegang iman kepercayaan yang ortodoks. Kedua, gereja yang hanya memedulikan persatuan gereja tanpa memperhatikan pengajaran yang benar.

Gereja-gereja di Eropa memasuki era yang lebih mengerikan lagi. Baik sekolah theologi, pendeta, dosen, menerima honor dari pemerintah. Dengan demikian mereka tidak perlu susah payah memberitakan Injil tetapi tetap mendapatkan honor, hidup melimpah. Pengisian rohani terhadap jemaat makin miskin. Ditambah lagi komunisme yang muncul di Eropa. Mereka sengaja mengirimkan orang untuk sekolah theologi. Sesudah lulus mereka bisa beroleh kedudukan di gereja. Kesulitan-kesulitan ini sulit disadari oleh pemimpin-pemimpin gereja dan orang-orang Kristen saat itu. Misionari yang dikirim dari dunia barat ke timur kebanyakan intelektualnya agak rendah. Dengan demikian gereja-gereja di timur masih bisa mempertahankan iman kepercayaannya tetapi tidak dapat memberi pengaruh di tengah kaum intelektual.

Read more...
 
<< Start < Prev 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 Next > End >>

Page 31 of 61
RocketTheme Joomla Templates