Ringkasan Khotbah
Ringkasan Khotbah - 19 April 2015 PDF Print E-mail

Perumpamaan tentang Bendahara yang Tidak Jujur

Luk.16:1-16

Vic. Bakti Anugrah

Alkitab NIV memberi judul perumpamaan ini sebagai Perumpamaan Manajer yang Licik. Kelihatannya peran sang manajer ini seperti Yusuf yang mengurus urusan rumah tangga Potifar termasuk keuntungannya dalam berdagang sehingga ia tidak usah mengurus apa-apa lagi. Bila kita bandingkan dengan perumpamaan di perikop sebelumnya tentang anak yang hilang maka kedua-duanya sama-sama menghamburkan: si anak menghamburkan warisan milik orang tuanya sedangkan si bendahara menghamburkan milik tuannya. Akan tetapi si anak memakainya secara sia-sia dengan foya-foya maka si bendahara menggunakannya dengan bijaksana untuk masa depannya.

Tuhan Yesus tentu saja bukan sedang mengajarkan dan memuji ketidakjujuran tetapi kecerdikan dari si bendahara. Selain itu kita bukan sedang diajarkan bahwa beramal dapat membuat kita masuk surga. Sudah jelas bahwa keselamatan adalah anugerah dan pemberian Tuhan dan sama sekali bukan karena usaha manusia (Ef.2:8-9). Kalau kita gabungkan perikop ini dengan perikop sebelumnya maka kita akan menemukan bahwa anak yang hilang itu sudah kembali kepada sang bapak. Maka lebih wajar tafsirannya adalah apabila kita sudah kembali dan diterima oleh Tuhan maka pergunakanlah harta kekayaan kita untuk melayani Dia dan kelak kita akan diterima di surga. Jadi setelah kita diselamatkan kita diperintahkan untuk berlaku cerdik.

Ada argumen yang disebut a fortiori artinya kalau yang lebih kecil saja benar apalagi yang lebih besar. Jikalau manajer yang licik saja dipuji karena kecerdikannya apalagi kita yang menjadi anak-anak Tuhan, bukankah kita juga harus berlaku cerdik?

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 12 April 2015 PDF Print E-mail

Iman Kristen yang Sejati

Mat.16:23-26

Pdt. Andi Halim, M.Th.

Apa arti agama? Menurut ilmu sosiologi agama adalah suatu wadah yang diciptakan oleh manusia untuk dipakai dalam melaksanakan ibadah sebagai wujud iman daripada umat yang mengikutinya. Definisi agama menurut iman Kristen tidak sama dengan ini. Iman Kristen tidak lahir dari suatu agama dan bukan ciptaan manusia. Apakah iman Kristen itu suatu agama? Jawabannya ya dan tidak. 

Ya karena memang ada orang yang memang masuk agama Kristen. Ini misalnya di dalam Protestan harus melalui proses katekisasi dan memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu, setelah lulus baru mengalami baptisan, atestasi, atau sidi kemudian beranggota gereja dan beragama Kristen.

Tetapi iman Kristen lebih daripada sekedar ini. Billy Graham dalam bukunya “Damai dengan Allah” mengatakan bahwa kalau ada orang mau menjadi anggota gerejanya tidak ditanyakan apakah dia sudah baptis atau belum tetapi apakah dia sudah lahir baru atau belum. Pertanyaan ini mungkin kurang jelas karena orang bisa bingung apa itu lahir baru. Mungkin pertanyaan yang lebih baik adalah apakah sudah bertobat atau belum. Atau mungkin lebih jelas lagi: “kapan anda mengambil keputusan untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadimu?”

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 05 April 2015 PDF Print E-mail

Makna Paskah

1Kor.15:12-26; 15:54-58; Rm.6:23; 14:9

Pdt. Ir. Andi Halim, M.Th

Paskah berasal dari kata pessah yang berarti lewat. Kata lewat ini berarti kita dilewatkan dari maut. Pada saat bangsa Israel dijajah oleh Mesir, Tuhan meminta Firaun untuk membebaskan bangsa Mesir. Tetapi Firaun menolak dan akhirnya Tuhan mengirimkan tulah kepada bangsa Mesir. Tulah yang terakhir adalah dibunuhnya anak sulung bangsa Mesir. Tuhan Yesus menyuruh malaikat maut turun dan membunuh setiap anak sulung di Mesir, orang Israel diselamatkan dengan syarat mereka memberikan tanda berupa darah anak domba di tiang pintu rumah mereka. Sehingga saat malaikat maut melihatnya mereka tidak membunuh anak sulung di rumah tersebut (Kel.12:1-14).

Pada zaman sekarang kita memang tidak dijajah Mesir dan hidup merdeka, tetapi sebenarnya kita sedang dijajah oleh hawa nafsu dan hukuman Allah atas dosa kita. Kita dijajah karena kita sudah mati dalam dosa dan mengalami maut. Kita bisa bebas dari maut hanya karena Tuhan memberikan anak-Nya yang tunggal. Darah Kristus yang dicurahkan membuat kita dilewatkan dari maut.

7 poin arti Paskah supaya kita bisa merenung dan mengingat kembali tentang Paskah, bukan hanya untuk mengerti tetapi juga memberitakan kebenaran supaya banyak orang memahami, adalah:

Read more...
 
Ringkasan Khotbah - 29 Maret 2015 PDF Print E-mail

Relasi Suami Istri

Eksposisi 1 Petrus 3:1-7

Vic. Calvin Renata

Petrus berbicara mengenai 3 macam penundukan (submission) dalam kitab 1 Petrus yaitu (1) ketundukan rakyat terhadap negara, (2) ketundukan hamba kepada tuannya; (3) dan ketundukan seorang istri kepada suami. Dari ke-3 macam penundukan ini, Petrus paling panjang berbicara mengenai keluarga. Hal ini dikarenakan keluarga adalah komunitas yang paling intim di dalam relasi manusia. Jika di tingkatan keluarga hubungan tidak beres maka di tingkatan negara juga akan mengalami imbasnya.

Pembentukan ikatan keluarga di dalam pernikahan adalah inisiatif Tuhan sendiri. Tuhan mempertemukan Adam dan Hawa di dalam pernikahan. Petrus memakai wacana pernikahan untuk memberikan nasehat kepada kita bagaimana seharusnya relasi suami dan istri di hadapan Tuhan.

Petrus mengingatkan kepada pembaca suratnya, khususnya kepada wanita. Petrus mengatakan bahwa kecantikan seorang wanita jangan hanya berhenti di kecantikan lahiriah, karena kecantikan lahiriah suatu saat akan luntur dan hilang. Sebaliknya Petrus memberikan perbandingan bahwa kecantikan seorang perempuan sejati adalah kecantikan spiritual. Kecantikan rohani tidak bisa hilang, tidak bisa luntur, dan tidak bisa diambil siapapun. Petrus memberikan contoh Sara, istri Abraham. Betulkah Sara istri yang taat kepada suami 100%? Begitu banyak perempuan saleh dan takut akan Tuhan yang dicatat di Perjanjian Lama tetapi mengapa Petrus memakai Sara sebagai contoh bagi kita? Mengapa bukan Hawa? Hawa adalah istri pertama yang dicatat dalam Alkitab. Mengapa Petrus tidak memilih Hawa?

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 4 of 71
RocketTheme Joomla Templates