Ringkasan Khotbah - 1 Januari 2016 PDF Print E-mail

Tuhan Menetapkan Langkah Orang Percaya

Roma 8:28-30

Pdt. Andi Halim, M.Th

Sesuatu yang salah jika kita berfikir bahwa: 

(1) Hidup kita seperti lembaran kosong yang kita dapat isi /tulis sesuai dengan kemauan kita.

(2) Hidup kita seperti perjalanan. Kita mau kemana pun arah perjalanan kita, kita sendiri yang menentukan. Oleh karena itu, hidup kita di masa yang akan datang juga kita sendiri yang memilih dan menentukannya.

Dua pikiran ini sangat bertentangan dengan apa yang Alkitab katakan.Yang paling penting adalah bukan kita yang memilih atau Tuhan menetapkan, tetapi apakah kita adalah anak-anak Tuhan.

Kenapa? Firman Tuhan mengingatkan kepada kita bahwa Allah yang mengukir hidup kita. Bukan kita yang akan mengukir dan menentukan langkah hidup kita. Tuhanlah yang mengukir dan menentukan langkah hidup kita. TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hdiupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya (Mazmur 37:23-24).


Tuhan yang menetapkan langkah-langkah orang. Namun, orang yang bagaimana? Orang yang berkenan kepada-Nya. Allah menetapkan segala sesuatu dan kita memiliki tanggung jawab sebagai manusia.

Apakah orang yang berkenan kepada Tuhan ini hidupnya selalu baik? Apakah hidupnya bergantung kepada pilihannya sendiri? Tidak. Semua ada di tangan Tuhan. Apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya (Mzm. 37:24). Ini adalah jaminan yang diberikan Tuhan kepada kita sebagai anak-anak Tuhan. Kita tidak dibiarkan oleh Tuhan untuk memilih dan menentukan langkah-langkah kita sendiri. Ini bukan berarti kita seperti robot karena semuanya sudah ditentukan oleh Tuhan.

Dia menetapkan langkah-langkah kita dengan cara: menuntun, membimbing, mengingatkan, menegur, menasehati, menginsyafkan dan mencelikkan mata rohani kita sehingga kita memiliki kesadaran dan melihat kebenaran karena Tuhan yang menetapkan langkah-langkah kita.

Apakah kita adalah anak-anak Tuhan? Jika kita adalah anak-anak Tuhan maka Tuhanlah yang memipin dan menetapkan langkah-langkah kita. Tidak ada manusia yang berkuasa untuk menentukan jalan dan langkah-langkahnya sendiri (Yer. 10:23). Maka, hidup kita bergantung hanya kepada Allah.

Tidak ada satu orang pun yang tahu apa yang akan terjadi di dalam hidup kita di masa yang akan datang. Hari esok, apakah kita masih hidup /mati, tidak ada satu orang pun yang tahu. Mungkin hari esok kita terkena musibah /penyakit. Tak seorang pun tahu apa yang akan terjadi pada hari esok. Namun, yang pasti adalah apapun yang terjadi pada hari esok itu semua adalah rencana Tuhan.

Rencana Tuhan adalah rencana yang paling baik bagi kita sebagai orang yang percaya. Maka, Allahlah yang pegang hari esok, bukan kita. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di dalam hidup kita di masa depan, tetapi kita tahu siapa yang pegang hari esok.

Dia yang pegang hari esok. Maka, apa pun yang terjadi di dalam hidup kita di masa yang akan datang, kita tahu bahwa Tuhan beserta kita. Karena Tuhan beserta dengan kita, maka apa pun boleh terjadi di dalam hidup kita (Roma 8:28).

Melalui momen tahun baru ini, kita diingatkan bahwa Tuhan beserta kita. Dia memiliki rencana yang paling baik bagi kita. Meskipun, rencana Allah yang baik itu kelihatannya seperti rencana yang tidak baik bagi kita, tetapi satu hal yang kita tahu bahwa rencana Tuhan adalah yang terindah dan terbaik.

Kita tahu dan sadar bahwa tiap langkahku diatur oleh Tuhan. Maka, kita mau belajar berjalan menurut visi dan misi yang Tuhan sudah berikan kepada kita.

Sekarang mari kita renungkan apa yang Tuhan mau untuk kita kerjakan di dalam hidup kita. Hidup yang paling bernilai adalah kita berjalan sesuai dengan maksud dan rencana Tuhan.

Apa Maksud dan rencana Tuhan bagi hidup kita?. Marilah kita memiliki semangat yang berkobar-kobar untuk mencari jiwa-jiwa yang belum mengenal Tuhan. Anak Tuhan yang sejati selalu memiliki kerinduan yang tak habis-habis untuk menyenangkan hati Allah. (Transkrip ini belum diperiksa pengkhotbah, JWL)

 
RocketTheme Joomla Templates